7 Software Gambar Digital Terbaik untuk Komputer/Laptop

Kali ini Coraku akan berbagi informasi mengenai software digital drawing terbaik yang biasa digunakan untuk keperluan profesional alias diperuntukkan untuk Ilustrator dan Seniman. Demi kenyaman pembaca sekalian, Coraku sengaja membuat daftar software menjadi dua bagian yaitu Software Gratis dan Software Berbayar.

Langsung saja, mari kita simak daftarnya di bawah ini:

SOFTWARE ILUSTRASI GRATIS/OPEN SOURCE

1. KRITA


Art by Galaad G

Krita merupakan software menggambar berbasis open source alias gratis yang memiliki fitur lengkap dengan clean and flexible interface. Software ini banyak digunakan oleh para profesional untuk membuat Concept Art, Ilustrasi dan Komik. Salah satu kelebihan yang paling dicari dari Krita adalah adanya fitur Animation, yang memungkinkan pengguna untuk menggerakkan gambar secara frame by frame dengan kualitas animasi setara Clip Studio Paint EX! Tidak heran jika Krita pernah dinobatkan sebagai '1# Best free painting software in 2019' oleh Techradar. 

Berminat menggunakan Krita? Download di sini. Krita tersedia untuk tiga sistem operasi yaitu Windows, MacOS dan Linux.

2. MEDIBANG PAINT PRO



Butuh software untuk menggambar komik namun terbatas budget? Mungkin Medibang Paint Pro cocok untuk Anda. Software yang berasal dari Jepang ini memiliki fitur Cloud dan Free Materials di dalamnya. Materials yang disediakan secara gratis ini terdiri dari brush, baloon text, effect, texture, pattern, image, dan lain-lain.

Ingin menggunakan Medibang Paint Pro? Download di sini. Medibang Paint Pro tersedia untuk Windows, MacOS, Android, iPad dan iPhone.

SOFTWARE ILUSTRASI BERBAYAR

1. ADOBE PHOTOSHOP CC


Siapa yang tidak kenal dengan Adobe Photoshop? Software primadona ini sangat terkenal dan menjadi software rekomendasi terbaik untuk manipulasi gambar dan desain. Berkat tools dan interfacenya yang mudah serta 'terlanjur' dicintai banyak orang, banyak software lain yang mencoba untuk meniru Adobe Photoshop agar bisa memberikan kenyaman serupa. 

Selain untuk mengedit dan mengolah gambar, Adobe Photoshop juga banyak digunakan oleh para Illustrator dan Seniman karena variasi brush yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan goresan yang diinginkan. Sayangnya, kini Adobe Photoshop menganut sistem subscription yaitu sistem bayar secara berkala. Biayanya pun relatif mahal dibandingkan software lain, hal tersebut disebabkan oleh fitur Adobe Photoshop yang begitu 'kaya' dan sulit untuk digantikan.

Untuk mendapatkan Adobe Photoshop CC Anda harus merogoh kocek senilai US$20.99/bulan atau US$239.88/tahun. Namun jika Anda berniat mencobanya terlebih dahulu, Adobe Photoshop CC menyediakan free trial selama tujuh hari. Klik di sini untuk melihat selengkapnya.

2. CLIP STUDIO PAINT PRO/EX



Here it is! Ini adalah software terbaik yang sangat disarankan oleh Coraku. Clip Studio Paint merupakan software painting and drawing yang diperuntukkan untuk para profesional. Software ini memberikan banyak fitur andalan demi memudahkan Anda dalam menggambar. Fitur andalan tersebut meliputi 3D Models, Grid/Prespective, Vector Layer, Animation, AI Colorization, Comic and Manga Feature, dan Clip Studio Assets yang memungkinkan Anda menggunakan lebih dari 5000 material secara gratis (untuk pemegang lisensi).

Terdapat dua versi dari Clip Studio Paint, yaitu PRO dan EX. Harga yang diperuntukkan untuk masing-masing versi juga berbeda. Untuk membeli Clip Studio Paint PRO Anda hanya perlu membayar US$49.99, namun untuk Clip Studio Paint EX Anda perlu merogoh kocek lebih dalam senilai US$219.00. Perbedaan harga tersebut disebabkan karena adanya fitur Multi-Page dengan pengaturan ekspor tambahan, dan fitur Animasi dengan frame yang tidak terbatas pada versi EX.

Berminat? Kunjungi website official Clip Studio Paint di sini.

Jika dirasa terlalu mahal, Anda disarankan membeli software ini saat perayaan event besar di mana seringkali Clip Studio memberikan diskon sebanyak 50%.

3. PAINT TOOL SAI


Selanjutnya ada Paint Tool SAI yang orang-orang yakini sebagai software gambar gratisan. Eits, padahal enggak lho! Paint Tool SAI adalah software berbayar dari SYSTEMAX Software Development yang memiliki masa trial selama 31 hari. Berbayar yang dimaksudkan di sini adalah setelah masa trial habis, Anda diharuskan untuk membeli 'Software Lisence' atau sertifikat digital untuk membuka pembatasan trial pada software.

Software Lisence Paint Tool SAI dibandrol seharga 5500JPY (Include sales tax) untuk 1 Software Lisence. Ingin mengetahui info lengkapnya? Silahkan klik di sini.

4. COREL PAINTER 2021


Ingin melukis sambil mempertahankan berbagai texture alat gambar manual? Mungkin Painter 2021 bisa jadi jawabannya. Painter 2021 memungkinkan Anda menggambar digital dengan tetap mempertahankan tampilan gambar secara konvensional. Software ini tersedia untuk sistem operasi Windows dan MacOS, untuk pembeliannya Painter 2021 dibandrol seharga $359.00 untuk Full Version. Selengkapnya lihat di Website official Painter.

5. ARTRAGE 6 

Source image: https://www.artrage.com

Jika Anda merasa bahwa Painter 2021 kurang ramah di kantong, Anda bisa membeli ArtRage 6 sebagai software alternatif yang lebih murah. Seperti halnya Painter 2021, ArtRage 6 juga fokus mempertahankan berbagai texture konvensional pada gambar digital. Tools yang ada pada software ini juga memiliki fungsi yang sama dengan alat-alat gambar konvensional.

Untuk membeli software ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar $79 untuk sekali bayar. Selengkapnya lihat di sini.



Mungkin itu saja informasi yang dapat Coraku sampaikan, semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa kunjungi Instagram Coraku dan nantikan artikel berikutnya ya! Sampai jumpa

Artikel oleh Dwi Septia

(Bagi yang hendak mengcopy: tolong sertakan sumber asli untuk menghargai penulis, terima kasih)

Komentar

Postingan Populer